Kaki Bengkok atau kaki “O”, Permasalahan Kaki Pada Bayi

Kaki Bengkok atau kaki “O”, Permasalahan Kaki Pada Bayi

Semua orang tua ingin bayi mereka untuk menjadi sempurna tanpa masalah kesehatan. Namun, bayi masalah kaki yang umum dan, meskipun mereka dapat menyebabkan orang tua banyak perhatian, mereka biasanya tidak menyebabkan rasa sakit untuk bayi dan mudah diperbaiki tanpa masalah kesehatan abadi. Jika Anda berpikir anak Anda memiliki masalah kaki, Anda harus menghubungi dokter Anda untuk menentukan penyebab masalah dan pengobatan diperlukan.

Clubfoot adalah kaki bayi masalah umum yang biasanya hadir pada saat lahir, di mana kaki dipelintir atau keluar dari bentuk atau posisi. Dalam kasus kaki bengkok, kaki diposisikan pada sudut tajam ke pergelangan kaki. Kondisi ini merupakan cacat lahir umum dan dapat mempengaruhi satu atau kedua kaki. Berjalan kaki juga cukup umum pada bayi yang baru mulai berjalan. Hal ini digambarkan sebagai bayi Anda berjalan pada jari kaki atau bola kaki. Kebanyakan anak mengatasi ini pada saat mereka dua tahun.

Clubfoot adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan hadiah cacat kaki saat lahir.  Gangguan pada kaki tersebut dapat ringan atau berat, dan dapat melibatkan satu kaki atau keduanya.  Istilah medis untuk “kaki pengkor” atau gangguan kaki tersebut adalah talipes equinovarus. Ada juga yang cacat kaki yang lain yang lebih ringan yang tidak separah kaki pengkor.

  • clubfoot.jpg club foot image by hartz18Clubfoot adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan deformitas umum dimana kaki berubah dari posisi yang normal.
  • Congenital Talipes Equino-varus (CTEV) atau biasa disebut Clubfoot merupakan deformitas yang umum terjadi pada anak-anak,
  • Clubfoot  sering disebut juga CTEV (Congeintal Talipes Equino Varus) adalah deformitas yang meliputi fleksi dari pergelangan kaki, inversi dari tungkai, adduksi dari kaki depan, dan rotasi media dari tibia (Priciples of Surgery, Schwartz). Talipes berasal dari kata talus (ankle) dan pes (foot), menunjukkan suatu kelainan pada kaki (foot) yang menyebabkan penderitanya berjalan pada ankle-nya. Sedang Equinovarus berasal dari kata equino (meng.kuda) + varus (bengkok ke arah dalam/medial).
  • Penyebab  Sampai saat ini penyebab kaki pengkor tidak diketahui. Para ilmuwan tidak percaya bahwa kaki bengkok adalah akibat dari posisi janin dalam rahim. Berjalan kaki mungkin merupakan hasil dari kebiasaan atau mungkin disebabkan oleh tendon Achilles pendek. Penyebab lain termasuk jari-jalan cerebral palsy, autisme atau otot, gangguan perkembangan atau neurologis.
  • Gejala Gejala kaki bengkok pada bayi Anda berubah ke bawah dan ke dalam, dengan peningkatan lengkungan, dan tumit berpaling ke dalam. Kaki mungkin terlihat seperti itu berubah terbalik. Otot betis bayi mungkin belum berkembang dan kaki mungkin hingga 1 sentimeter lebih pendek dari kaki yang lain. Clubfoot tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan .Satu-satunya gejala dari berjalan kaki terlihat ketika anak Anda berjalan di atas jari-jari kakinya atau bola dari kakinya. Jika anak Anda juga memiliki kurangnya koordinasi otot dan otot kaku di samping kaki berjalan, Anda harus menghubungi dokter karena gejala-gejala ini bisa menjadi lebih serius.
  • Faktor Risiko American Academy of Orthopaedic Surgeons menyatakan bahwa satu dari setiap 1.000 bayi yang baru lahir memiliki kaki pengkor, dan hampir setengah dari kasus ini mempengaruhi kedua kaki. Bayi laki-laki lebih mungkin untuk memiliki kaki pengkor, seperti juga anak-anak dengan riwayat keluarga kaki pengkor.KomplikasiBayi Anda kemungkinan besar tidak memiliki komplikasi dari kaki pengkor sampai dia mulai berdiri dan berjalan. Jika tidak diobati, anak Anda tidak akan dapat berjalan di telapak kakinya dan mungkin harus berjalan di bola dari kaki atau bagian luar kaki. Komplikasi berjalan kaki termasuk peningkatan risiko anak jatuh dan terluka.
  • Pengobatan Perawatan untuk kaki bengkok  biasanya dimulai segera setelah lahir karena tulang dan sendi bayi baru lahir adalah fleksibel. Tujuan pengobatan adalah untuk mengembalikan fungsi dan tampilan kaki sebelum anak mulai berjalan. Pengobatan termasuk peregangan dan casting untuk memposisikan kaki; pada kasus berat, pembedahan diperlukan bila bayi sembilan sampai dua belas bulan. Dalam kebanyakan kasus, pengobatan berhasil. Pengobatan untuk berjalan kaki yang tidak keluar dari kebiasaan meliputi terapi fisik, penyangga kaki, serangkaian gips di bawah-the-lutut dan, pada kasus berat, pembedahan

ARTIKEL TERKAIT:

Supported by

FOOT CLINIC (KLINIK KHUSUS GANGGUAN MASALAH KAKI)

Dr Narulita Dewi SpKFR curriculum vitae

WORKING TOGETHER FOR STRONGER, SMARTER AND HEALTHIER CHILDREN BY EDUCATION, CLINICAL INTERVENTION, RESEARCH AND NETWORKING INFORMATION. Advancing of the future pediatric and future parenting to optimalized physical, mental and social health and well being for fetal, newborn, infant, children, adolescents and young adultAdvancing of the future pediatric and future parenting to optimalized physical, mental and social health and well being for fetal, newborn, infant, children, adolescents and young adult

“GRoW UP CLINIC JAKARTA” For Children, Teen and Adult Focus and Interest on:

Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC”

  • Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967
  • Dr Widodo Judarwanto SpA, Pediatrician
  • Fisioterapis dan terapi okupasi lainnya

Clinical – Editor in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO SpA, pediatrician

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2012, CHILDREN GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights reserved

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s